Pemberdayaan Santri melalui Pelatihan Digital Marketing dan Editing di Pesantren Al-Hilal 3 Cipadung
Keywords:
Disabilitas, Digital Marketing, Editing, Pemberdayaan Santri, PesantrenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses pelaksanaan pemberdayaan santri melalui pelatihan digital marketing dan editing serta keterlibatan para santri dalam kegiatan tersebut di Pesantren Al- Hilal 3 Cipadung. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles and Huberman, meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ini dapat membuka peluang atau kesempatan bagi para santri untuk memiliki serta meningkatkan keterampilannya dalam digital marketing dan editing yang dapat membantu para santri untuk menentukan masa depannya sendiri. Program ini juga selalu diikuti oleh para santri sebagai ekskul yang ada di Pesantren Al-Hilal 3 Cipadung.