Transformasi Usaha Mochi Bagja di Sukabumi Melalui Strategi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Authors

  • Pungki Nurlatifah Sosiologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung Author
  • Meli Fauziah Sosiologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung Author

Keywords:

Mochi, Pemberdayaan, Transformasi, Usaha lokal, Sukabumi

Abstract

Industri mochi di Sukabumi berkembang sebagai usaha pangan lokal yang awalnya bersifat tradisional ke modern. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji transformasi industri mochi bagja di Sukabumi, mencakup aspek produksi, pemasaran, serta kontribusinya terhadap masyarakat, dan memperluas pemahaman tentang peran UMKM dalam konteks transformasi digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode Deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi pengelola dan dua pekerja di usaha Mochi Bagja yang berlokasi di Kec. Cikole Kel. Kebonjati Kota Sukabumi. Penelitian ini menggunakan teori strukturasi Giddens untuk memahami hubungan antara tindakan pelaku usaha dan perubahan struktur dalam proses transformasi usaha Mochi Bagja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi usaha dilakukan melalui pembaruan kemasan dan pemanfaatan platform digital. Pemberdayaan masyarakat terlihat dari pelibatan warga sekitar dalam proses produksi dan pemasaran. Tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan modal dan dampak pandemi. Penelitian ini berkontribusi dalam menggambarkan bagaimana usaha tradisional mampu bertahan dan berkembang melalui inovasi dan partisipasi masyarakat.

Downloads

Published

11-08-2025

How to Cite

Transformasi Usaha Mochi Bagja di Sukabumi Melalui Strategi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. (2025). Prosiding Seri Praktikum Ilmu-Ilmu Sosial-Politik, 2(1), 312-323. https://fisip.uinsgd.ac.id/conferences/index.php/pspisip/article/view/362