Peran Chatbot dalam Meningkatkan Responsivitas dan Efisiensi Pelayanan Publik pada Era Digitalisasi

Authors

  • Sasya Amanda Putri Administrasi Publik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia Author
  • Syahira Fadhila Administrasi Publik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia Author
  • Khaerul Umam Administrasi Publik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia Author

Keywords:

Chatbot, Pelayanan Publik, Layanan Digital, Responsivitas Layanan, Efisiensi Layanan

Abstract

Pengembangan teknologi dalam penyelenggaraan program dan layanan masyarakat, terutama dalam konteks penggunaan chatbot dapat dikatakan bahwa penggunaan chatbot membawa dampak positif seperti peningkatan efisiensi, kepuasan masyarakat, inovasi, transparansi, dan aksebilitas. Namun, terdapat tantangan seperti kesenjangan infrastruktur dan keamanan data pengguna yang perlu diatasi melalui peningkatan literasi digital, keamanan teknis, dan pertimbangan etis. Meskipun masih dihadapi tantangan seperti kebocoran data dan kesenjangan akses, pengembangan chatbot diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat dalam mengakses informasi dan layanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengembangan teknologi, khususnya penggunaan chatbot dalam penyelenggaraan program dan layanan masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan melakukan studi literatur dengan melakukan analisis data yang berkaitan dengan fokus permasalahan pada penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa chatbot memiliki peran penting dalam meningkatkan responsivitas dan efisiensi pelayanan publik di era digitalisasi.

Downloads

Published

30-12-2024

How to Cite

Peran Chatbot dalam Meningkatkan Responsivitas dan Efisiensi Pelayanan Publik pada Era Digitalisasi. (2024). Prosiding Seri Praktikum Ilmu-Ilmu Sosial-Politik, 1(1), 153-159. https://fisip.uinsgd.ac.id/conferences/index.php/pspisip/article/view/148