Strategi Pengembangan Produk UMKM Wisata Berbasis Pemasaran Digital di Desa Girimekar
Keywords:
Pemasaran Digital, Pengembangan Produk, UMKM Wisata, Desa GirimekarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dengan fokus pada permasalahan yang terjadi dilapangan. Di era digital, para pelaku UMKM bertransformasi dalam kegiatan berusahanya dengan berdampingan teknologi. Dalam transformasi tersebut tentunya membutuhkan pengetahuan dalam berdaya saing dan penjualan yang berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif observasional dengan mengkaji peristiwa atau fenomena yang terjadi secara langsung dilapangan dengan data yang dikumpulkan melalui observasi langsung. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana UMKM di desa tersebut mengimplementasikan strategi digital marketing yang mereka ketahui utuk meningkatkan daya saing. Penelitian ini juga mengidentifikasi hambatan yang dihadapi para UMKM seperti kurangnya pengetahuan dalam operasional, tidak adaptif dengan teknologi dan keterbatasan para pelaku usaha dalm mengenal peran media sosial dan e-commerce. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan strategi digital marketing yang efektif untuk UMKM pariwisata khususnya didaerah pedesaan.