Implementasi Layanan Pojok Pajak dan E-Filing dalam Pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Majalaya

Authors

  • Pipit Sapitri Administrasi Publik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia Author
  • Muhammad Ridwan Administrasi Publik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia Author

Keywords:

Layana Pojok Pajak, e-Filling, Laporan SPT Tahunan, Pajak Orang Pribadi, KPP Pratama Majalaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi layanan pojok pajak dan e-filing dalam pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi Pada KPP Pratama Majalaya. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan menganalisis data secara deskriptif untuk menarik kesimpulan atas hasil yang diperoleh. Hasil penelitian menyatakan bahwa implementasi dari layanan pojok pajak sudah cukup optimal dalam membantu pelaporan SPT Tahunan terbukti dengan 10 relawan pajak berhasil membantu pelaporan sebanyak 1.272 wajib pajak. Kemudian implementasi mengenai e-filing di KPP Pratama Majalaya ini belum cukup optimal dilihat dari jumlah wajib pajak yang lapor menggunakan e-filing masih belum sebanding dengan keseluruhan wajib pajak yang melapor. Kemudian disamping itu dipengaruhi juga oleh faktor kurangnya pemahaman wajib pajak terkait teknis pelaporan SPT Tahunan melalui e- filing dan ada rasa takut salah ketika melaporkan SPT mandiri melalui e-filing sehingga lebih memilih untuk langsung mendatangi KPP Pratama Majalaya.

Downloads

Published

30-12-2024

How to Cite

Implementasi Layanan Pojok Pajak dan E-Filing dalam Pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Majalaya. (2024). Prosiding Seri Praktikum Ilmu-Ilmu Sosial-Politik, 1(1), 88-94. https://fisip.uinsgd.ac.id/conferences/index.php/pspisip/article/view/139