Efektivitas Kegiatan Sosialisasi Perpajakan Melalui Sosial Media Instagram dalam Upaya Peningkatan Kepatuhan Pajak Orang Pribadi pada KPP Pratama Majalaya

Authors

  • Fadhila Alma Maulida Administrasi Publik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia Author
  • Muhammad Ridwan Administrasi Publik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia Author

Keywords:

Sosialisasi Perpajakan, Kepatuhan Pajak Orang Pribadi, Governansi Digital, Media Sosial, KPP Pratama Majalaya

Abstract

Penelitian ini meneliti efektivitas sosialisasi perpajakan melalui Instagram yang dilakukan oleh KPP Pratama Majalaya dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, digunakan untuk kepentingan negara dan kesejahteraan masyarakat. Sosialisasi perpajakan melalui media sosial bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran wajib pajak tentang kewajiban perpajakan mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis data menggunakan teknik dari Michaell Hubberman dan Matthew Milles. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi melalui Instagram efektif dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran wajib pajak, meskipun masih ada tantangan dalam memastikan kepatuhan tepat waktu. Indikator efektivitas meliputi pemahaman program, ketepatan sasaran, ketepatan waktu, pencapaian tujuan, dan perubahan nyata. Meskipun terjadi peningkatan pelaporan SPT tepat waktu pada tahun 2023 dibandingkan 2022, diperlukan evaluasi dan penyesuaian strategi untuk meningkatkan konsistensi dan efektivitas program ini.

Downloads

Published

30-12-2024

How to Cite

Efektivitas Kegiatan Sosialisasi Perpajakan Melalui Sosial Media Instagram dalam Upaya Peningkatan Kepatuhan Pajak Orang Pribadi pada KPP Pratama Majalaya. (2024). Prosiding Seri Praktikum Ilmu-Ilmu Sosial-Politik, 1(1), 79-87. https://fisip.uinsgd.ac.id/conferences/index.php/pspisip/article/view/138