Kualitas Pelayanan Fiskus dalam Meningkatkan Kepatuhan Pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Majalaya

Authors

  • Allifa Nurazizah Administrasi Publik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia Author
  • Muhammad Ridwan Administrasi Publik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia Author

Keywords:

Kualitas Pelayanan Fiskus, Pajak Orang Pribadi, SPT Pajak, KPP Pratama Majalaya

Abstract

Pajak merupakan sumber utama pendapatan negara yang digunakan untuk membiayai berbagai program pembangunan dan pelayanan publik. Keberhasilan pengumpulan pajak sangat bergantung pada kepatuhan wajib pajak, baik pribadi maupun badan usaha. Salah satu faktor yang memengaruhi kepatuhan wajib pajak adalah kualitas pelayanan yang diberikan oleh fiskus atau petugas pajak di kantor pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan fiskus pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Majalaya terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT). Beberapa penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa kesadaran wajib pajak dan kualitas pelayanan fiskus berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pengaruh kualitas pelayanan fiskus menggunakan dimensi keandalan, sistem informasi perpajakan, pengawasan secara internal maupun eksternal, dan responsif telah menjadi kerangka yang efektif.

Downloads

Published

30-12-2024

How to Cite

Kualitas Pelayanan Fiskus dalam Meningkatkan Kepatuhan Pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Majalaya. (2024). Prosiding Seri Praktikum Ilmu-Ilmu Sosial-Politik, 1(1), 70-78. https://fisip.uinsgd.ac.id/conferences/index.php/pspisip/article/view/137