Penyediaan Pos Pelayanan Majalaya dalam Meningkatkan Pelaporan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi
Keywords:
Pelayanan Pajak, Pos Pelayanan Majalaya, Wajib Pajak Orang Pribadi, SPT Tahunan, KPP Pratama MajalayaAbstract
Pos Pelayanan Majalaya memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan pelaporan SPT Tahunan. Letaknya yang strategis memudahkan wajib pajak di sekitar wilayah Majalaya untuk melakukan pelayanan pajak tanpa harus jauh-jauh ke KPP Pratama Majalaya. Masih terdapat ketidakpuasan terhadap pelayanan pajak terkait sarana dan prasarana seperti ruang tunggu dan kendala server terutama pada akhir masa pelaporan SPT Tahunan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis tingkat efektivitas Pos Pelayanan Majalaya dalam meningkatkan pelaporan SPT Tahunan wajib pajak orang pribadi. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pos Pelayanan Majalaya memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan wajib pajak dalam pelaporan SPT Tahunan. Pos Pelayanan Majalaya memberikan kemudahan akses, pelayanan yang ramah, serta informasi yang jelas terkait tata cara perpajakan yang kesemuanya memberikan kontribusi positif terhadap tingkat partisipasi pelaporan pajak.