Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Penyuluhan Kepada Wajib Pajak pada KPP Pratama Bandung Cicadas
Keywords:
Account Representative, Kepatuhan Pajak, Strategi Pelayanan, SPT Tahunan, KPP Pratama Bandung CicadasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dan strategi pelayanan Account Representative (AR) dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam penyampaian SPT Tahunan di KPP Pratama Bandung Cicadas. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dan divalidasi melalui wawancara terstruktur, observasi, dan telaah pustaka dari berbagai sumber ilmiah yang relevan, kemudian dianalisis untuk diambil kesimpulan. Wawancara dilakukan kepada Account Representative (AR) di KPP Pratama Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan yang diberikan Account Representative (AR) di KPP Pratama Bandung Cicadas telah mengalami perubahan positif dalam membantu dan mengawasi wajib pajak, serta memastikan kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam penyampaian SPT Tahunan melalui strategi pelayanan yang terfokus dan personal. Terjadi peningkatan kepatuhan penyampaian SPT Tahunan pada tahun 2024 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan berbagai strategi seperti kunjungan langsung ke pemberi kerja, sekolah, instansi pemerintah, perusahaan, kerja sama dengan kecamatan, serta pemanfaatan WhatsApp Blast untuk mengingatkan wajib pajak orang pribadi atas kepatuhan penyampaian SPT Tahunan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa layanan proaktif dan personal oleh Account Representative (AR) sangat efektif dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Keberhasilan KPP Pratama Bandung Cicadas dalam mencapai tingkat kepatuhan yang tinggi mencerminkan pentingnya peran Account Representative (AR) dan strategi yang diterapkannya. Strategi ini tidak hanya meningkatkan kepatuhan tetapi juga membangun kepercayaan dan hubungan baik antara wajib pajak dan otoritas pajak.