Workshop: Kepramukaan dan Kesukarelawanan Mahasiwa Fisip

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar workshop kepramukaan dan kesukarelawanan bagi mahasiwa yang berlangsung di Shakti Hotel, Rabu (13/07/2022). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari program kerja Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

H. Engkus Sutisna, ST., MT ., (Staf Ahli Gubernur Provinsi Jawa Barat Bidang Pemhukpol), Drs. Sapta Yulianto Dasuki, M.AP., (Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Barat), tampil menjadi narasumber yang dipandu oleh Jaenal Arifin (Ketua UKK Gerakan Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung), Mochamad Rizal Zulham (Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Publik).

Dalam sambutannya, Dr. Muhamad Zuldin, M.Si., (Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaaan Fisip UIN Sunan Gunung Djati Bandung), menegaskan tentang pentingnya keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan kepramukaan sebagai sarana mengembangkan karakter jujur, peduli dan tanggung jawab.

“Keikutsertaan dan keterlibatan mahasiswa Fisip dalam kegiatan kepramukaan dan kesukarelawanan baik di dalam organisasi intra atau ekstra kampus dinilai masih minim. Untuk itu, acara workshop ini berusaha untuk menarik minat mahasiswa agar tertarik bergabung dengan kegiatan kepramukaan yang berada di dalam kampus. Dengan menghadirkan narasumber-narasumber yang berkompeten dalam bidang kepramukaan diharapkan dapat memberikan wawasan yang menarik tentang kepramukaan,” paparnya.

Dilanjutkan sambutan kedua sekaligus membuka acara, Prof. Ahmad Ali Nurdin, MA., Ph.D., (Dekan Fisip UIN Sunan Gunung Djati Bandung), menjelaskan bahwa salah satu nilai utama FISIP diantaranya yaitu, social responsibility. Nilai ini dapat dimaknai sebagai tanggung jawab dan rasa kepedulian sesama yang harus dikembangkan oleh civitas akademik termasuk mahasiswa. Maka dari itu, kegiatan kepramukaan kesukarelawanan sejatinya selaras dengan nilai-nilai utama Fisip.

“Pengalaman di lapangan akan menjadi pembelajaran berharga dalam mengembangkan kemampuan mahasiswa menemukan solusi-solusi praktis, kedisplinan, rasa percaya diri dan sebagainya, kemampuan ini bisa diraih melalui kegiatan kepramukaan. Untuk itu, kepada mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa tidak hanya melulu mencari ilmu di dalam kelas, cari pengalaman di luar kelas dengan kegiatan kepanduan,” tegasnya.

Acara Workshop Kepramukaan dan Kesukarelawanan dihadiri oleh para Wakil Dekan, para Ketua Jurusan, Kabag dan Kasubbag, Ketua Dema dan para Ketua Himpunan Mahasiswa. Kegiatan ini juga menyediakan fasilitas berupa materi powerpoint pembicara dan sertifikat bagi peserta.

Slot Deposit Dana Slot Deposit Dana