Centre for Asian Social Science Reasearch (CASSR)

Centre for Asian Social Science Research (CASSR) adalah pusat kajian otonom dan independen dalam bidang ilmu-ilmu sosial di Asia dan yang berkaitan dengan Asia di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia.

Abad ke-21 adalah Abad Asia (Asian Century), di mana Asia semakin menempati posisi penting dan memainkan peran kunci dalam dinamika ekonomi-politik global sekarang. Hal ini didorong oleh fakta bahwa Asia merupakan benua dengan penduduk terbesar di dunia; sekitar 60% populasi dunia tinggal di benua ini. Jumlah populasi yang banyak ini bermakna Asia merupakan wilayah yang memiliki keberagaman masyarakat yang luar biasa secara budaya, sosial, ekonomi dan politik. Indonesia, misalnya, adalah negara terbesar keempat di dunia dalam jumlah penduduknya, negara Muslim terbesar di dunia dengan keberagaman budaya dan sosial yang luar biasa, dan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang menjadi anggota G20.

Asia juga kini mengalami transformasi ekonomi pada tingkat yang telah merubah tatanan ekonomi dan politik global. Pada 2030, Cina, India dan Jepang akan menempati ranking tepat di bawah Amerika Serikat dalam hal Gross National Product (GDP) mereka.

Selain itu, secara budaya, Asia adalah benua dengan peradaban-peradaban dunia sejak masa lalu sampai sekarang. Budaya dunia mulai dari Bollywood dari India dan K-Pop dari Korea Selatan sampai music Dangdut dari Indonesia dapat ditemukan di benua ini.

Pada dekade ini, Asia semakin meningkat pentingnya sebagai wilayah keamanan strategis khususnya bagi Amerika Serikat. Cina, misalnya, memegang peranan sebagai salah satu pemimpin dunia yang bertanggung jawab besar bagi pembangunan ekonomi di negara-negara berkembang di Afrika, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Semua perkembangan dan dinamika di atas pada gilirannya menjadikan Asia sebagai benua yang sangat penting dan dinamis bagi penduduk dan negara-negara di dunia sekarang.

Melihat transformasi Asia tersebut, kita memerlukan pemahaman dan informasi tentang Asia yang memadai dan akurat untuk dapat memanfaatkan perkembangan benua secara baik bagi banyak pihak. Hal ini hanya dapat dicapai melalui upaya-upaya penelitian tentang negara-negara Asia dan yang berkaitan dengan Asia dalam bidang ilmu-ilmu sosial secara interdisipliner dan multidisipliner. Kajian-kajian ilmu sosial ini akan bermanfaat secara akademik bagi kalangan akademisi di perguruan tinggi dan secara praktis-strategis bagi pemegang kebijakan di pemerintahan dan dunia industri, serta advokasi bagi pengembangan masyarakat.

Our Vision
To be a leading and internationally-recognized centre of research on Asian social science
Didirikan pada tahun 2019 dengan surat keputusan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, Centre for Asian Social Science Research (CASSR) memiliki visi untuk menjadi pusat riset terdepan dan diakui secara internasional dalam bidang kajian ilmu-ilmu sosial Asia.

Our Mission
CASSR mempunyai misi untuk memproduksi hasil-hasil penelitian akademik dalam bidang ilmu-ilmu sosial Asia dan berkaitan dengan Asia sebagai upaya memberikan kontribusi bagi ilmu-ilmu sosial global, dan membangun penelitian praktis dan strategis berdasarkan pada basis akademik yang kuat bagi pembuat kebijakan di universitas, pemerintahan, pemimpin bisnis dan masyarakat. Di samping itu, Centre secara spesifik berupaya untuk meningkatan kapasitas riset, terapan dan publikasi di kalangan akademisi, khususnya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung.

Our Values
Independent, reliable, useful
CASSR memposisikan dirinya sebagai sebuah lembaga riset yang menghasilkan kajian-kajian yang independent, terbebas dari konflik kepentingan, reliable sesuai standard dan kaidah ilmiah, dan bermanfaat bagi formulasi kebijakan bagi kepentingan-kepentingan yang melibatkan pemerintah dan masyarakat.

Collaborative
Didukung oleh tim peneliti handal, CASSR berupaya mengembangkan kajian-kajian dalam ilmu-ilmu sosial di Asia dan berkaitan dengan Asia dengan melakukan penelitian kolaboratif antar universitas di Indonesia dan luar negeri, dan antara peneliti dan pemangku kebijakan di pemerintahan lokal, nasional dan regional.

Interdisciplinary and multidisciplinary

CASSR berkomitmen melakukan penelitian berbagai isu dalam ilmu-ilmu yang bersifat interdisipliner dan multidisipliner untuk mencapai hasil penelitian yang solid secara akademik dan solusi praktis-strategis bagi persoalan-persoalan sosial, ekonomi, politik dan lainnya yang dihadapi oleh pemerintah lokal dan nasional, serta masyarakat.

State of the art-based research
CASSR berupaya menghasilkan penelitian-penelitian yang berbasis pada state-of-the art, berdasarkan pada kajian-kajian mutakhir dan berkualitas dalam ilmu-ilmu sosial di Asia dan berkaitan dengan Asia.

Ketua          : Asep Muhamad Iqbal, MA., Ph.D.
Sekertaris  : Cecep Wahyu Hoerudin
Anggota     : Irwandi

Researchers
Jajang A. Rohmana
Nina Nurmila
Irma Riyani
Dede Syarif
M. Taufiq Rahman
Asep Sahid Gatara
Heldi
Kustana
Khaerul Umam
Faizal Fikri

 

Contact Information
Postal address
Centre for Asian Social Science Research
Ruang CASSR, Lantai 2, Gedung FISIP UIN Bandung
Jalan AH Nasution 105, Cipadung, Cibiru, Bandung, Indonesia 40614

 

.

E-mail: jasse@uinsgd.ac.id
Website: http://cassr.web.id/
Phone/WhatsApp: 082129451616

This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.