RAPAT DOSEN PERSIAPAN KULIAH SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2020/2021

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan Rapat Persiapan Perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021, Selasa (23/02). Acara dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom. Panitia juga menyediakan tempat untuk menghadiri secara langsung di Aula Utama Fisip dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, seperti tempat duduk yang berjarak, wajib menggunakan masker, acara di ruang ber-AC tidak lebih dari dua jam, menyediakan handsanitizer dan peserta rapat harus benar-benar dalam keadaan sehat. Rapat dimulai pukul 09.00 WIB. Peserta rapat adalah seluruh dosen di lingkungan Fisip mulai dari Dosen Luar Biasa (DLB), Dosen Tetap Non PNS (DTNP) dan Dosen Pegawai Negeri Sipil (PNS).
Rapat dosen ini dipimpin oleh Dr. Adon Nasurullah J., M.Ag., Wakil Dekan II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan. Sambutan pertama disampaikan oleh Prof. Ahmad Ali Nurdin, M.A., Ph.D., Dekan Fisip. Beliau menyampaikan beberapa hal terkait dengan perkuliahan diantaranya mengenai perubahan kalender akademik, awalnya mulai dari tanggal 1 Maret 2021 – 25 Juli 2021 menjadi 1 Maret 2021 – 25 Juni 2021. Selanjutnya, Dekan Fisip menyampaikan bahwa secara resmi di Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 kegiatan perkuliahan Jurusan Manajemen pindah ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Sehingga Fisip memiliki tiga jurusan, diataranya Jurusan Sosiologi, Jurusan Ilmu Politik dan Jurusan administrasi publik. “Sesuai dengan arahan pemerintah bahwa Perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 dilaksanakan secara daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ),” ungkap Dekan Fisip.

Dalam kesempatan ini juga beliau memberikan motivasi kepada para dosen untuk sama-sama berniat mengabdi dan melaksanakan kewajiban sebagai dosen dengan tetap mengayomi, dan memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa. Selanjutnya, Dekan Fisip menyampaikan poin-poin penting dalam pengajaran kepada mahasiswa, seperti yang tertuang dalam core value Fisip, yaitu F (Flexibility), I (Integrity), S (Social Responsibility), I (Innovation) dan P (Politeness). Flexibility, dosen diharapakan luwes (fleksibel) dalam memberikan materi perkuliahan secara daring, melalui pemaanfatan teknologi belajar. Integrity, kewajiban dosen dalam mengajar dan membimbing mahasiswa merupakan bentuk integritas terhadap lembaga dan profesi. Social Responsibility, tugas pengajaran dan pendidikan kepada mahasiswa merupakan salah satu tanggung jawab sosial kepada masyarakat sebagaimana yang diamanatkan undang-undang yakni mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara. Innovation, di tengah pandemi Covid-19 dosen diharapkan mampu beradaftasi dan menemukan hal-hal baru untuk menunjang metode pengajaran yang tidak membosankan kepada mahasiswa. Politeness, dosen diharapkan mampu berkomunikasi dengan mahasiswa secara santun dan menjungjung nilai-nilai islami.
Selanjutnya, Dr. Moh. Dulkiah, M.Si., Wakil Dekan I Bidang Akademik, menjelaskan mengenai teknis perkuliahan secara daring dengan menggunakan aplikasi Learning Management System (e-Knows). Penggunaan e-Knows dalam pembelajaran jarak jauh harus dapat dimaksimalkan karena hal ini menunjang secara administrasi dalam proses perkuliahan. Selain itu, e-Knows juga menyediakan fitur-fitur variatif untuk menunjang pengajaran, dalam hal ini belum banyak dimanfaatkan oleh sebagian dosen. Diharapkan semua dosen bisa menggunakan, menyediakan bahan ajar, tugas, quiz dan forum diskusi pada mata kuliah yang diampunya sekaligus memberian penilaian secara online sehingga mahasiswa dapat mengakses secara langsung. Menurutnya, penggunaan e-knows dalam tiga semester terakhir ini baru mencapai 75% sehingga pada semester genap ini harus lebih ditingkatkan karena e-Knows merupakan aplikasi utama dalam PJJ, sedangkan aplikasi lainnya seperti Zoom, Google Classroom dan WhatsApp hanya sebagai penunjang.
Acara diakhiri dengan doa dipimpin oleh Faizal Pikri, SS., M.Ag., Sekretaris Jurusan Administrasi Publik. Diharapkan dengan terlaksananya Rapat Persiapan Perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 dapat meningkatkan kualitas pengajaran di tengah pandemic Covid-19.

 

This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.