DEKAN FISIP MELANTIK PENGURUS HIMPUNAN MAHASISWA (HIMA) JURUSAN ILMU POLITIK PERIODE 2020/2021

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Sunan Gunung Djati Bandung melaksanakan pelantikan Himpunan Mahasiswa (HIMA) Jurusan Ilmu Politik untuk pertama kalinya sejak jurusan ini berdiri pada tahun 2018. Acara pelantikan ini dilaksanakan secara daring via aplikasi Zoom, Selasa (16/02). Pelantikan ini langsung dipimpin oleh Dekan Fisip, Prof. Ahmad Ali Nurdin, M.A., Ph.D, didampingi pula oleh  unsur dekanat dan jurusan, diantaranya. Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Muhamad Zuldin, M.Si. Wakil Dekan II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Dr. Adon Nasurullah J., M.Ag., dan Ketua Jurusan Ilmu Politik, Dr. Asep Abdul Sahid, M.Si., CPS.

Acara pelantikan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran. Selanjutnya pembacaan Surat Keputusan Dekan dengan nomor B-02/Un.05/III.8/PP.00.9/02/2021 Tentang Susunan Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Masa Bakti 2020/2021, dibacakan langsung oleh Dr. Asep Abdul Sahid, M.Si., CPS. Pembacaan sumpah dan janji setia pengurus HIMA Jurusan Ilmu Politik dipimpin oleh Prof. Ahmad Ali Nurdin, M.A., Ph.D.

Dalam sambutannya Joko Maulana R selaku Ketua HIMA Jurusan Ilmu Politik baru, menyatakan bahwa ia beserta pengurus jajaran yang dilantik siap melaksanakan amanah yang diemban dan menjalankan program kerja sebaik mungkin. Ia juga menamai kabinetnya “CAKRA BUANA” artinya pengemban bumi. Salah satu visi dalam pengurusannya bahwa ia ingin membangun Jurusan Ilmu Politik yang bersinergi dan berkemajuan. Ia juga menambahkan bahwa mahasiswa Jurusan Ilmu Politik harus menguasai teknologi sebagai upaya untuk beradaptasi dengan new normal dalam dunia akademik.

Dilanjutkan dengan sambutan Dekan Fisip, Prof. Ahmad Ali Nurdin MA., Ph.D. Beliau menyampaikan tiga poin penting; pertama, Pengurus HIMA Jurusan Ilmu Politik dapat bersinergi dengan program-program di jurusan dan fakultas, sehingga dapat menambah dan menunjang akreditasi jurusan. Kedua, beliau berpesan untuk menjunjung nilai moderasi dalam beragama, dalam artian tidak berlebihan tidak ekstrem dan tidak radikal karena Islam merupakan agama yang Rahmatal lil Alamain dan diharapkan Pengurus HIMA Jurusan Ilmu Politik bisa menjadi pelopor dalam mengembangkan ide-ide moderasi beragama. Ketiga, HIMA Jurusan Ilmu Politik dapat dijadikan wadah untuk mengembangkan potensi-potensi mahasiswa sehingga menghasilkan prestasi yang dapat membawa nama baik jurusan dan fakultas. Terakhir, Dekan Fisip menyatakan bahwa hal yang paling penting yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa adalah akhlakul karimah (politeness) dan lebih lanjutnya bisa mengembangkan core value Fisip, yaitu F (flexibility), I (integrity), S (social Responsibility), I (innovation) dan P (Politeness). Selanjutnya, acara ditutup dengan doa dan dilanjutkan dengan foto bersama melalui aplikasi Zoom. Dengan dilantiknya Pengurus HIMA Jurusan Ilmu Politik angkatan pertama periode 2020/2021 diharapkan membawa perubahan positif bagi jurusan dan fakultas.

This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.